pendidikan serta dakwah keagamaan islam dengan memanfatkan berbagai media sosial



Assalamu'alaikum wrb😊😊😊
Kegiatan hari Senin, 03 agustus 2020

Nama : Indah Junaimah Sari (1740200026)
Prodi : Ekonomi Syariah
DPL   : Delima Sari Lubis,M.A.


Shalat tahajud adalah ibadah sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Secara definisi dalam Islam, shalat tahajud berarti ibadah sunnah yang dikerjakan setelah bangun tidur.

Shalat tahajud bisa dikerjakan dalam kurun waktu setelah ba'da shalat isya hingga menjelang subuh. Akan tetapi, dianjurkan waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud yaitu sepertiga malam.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis, "Shalat terbaik setelah shalat wajib adalah shalat malam." Banyak keistimewaan yang didapat setiap muslim apabila mau mengamalkan shalat tahajud.

Ada beberapa manfaat sholat tahajud seperti dibawah ini

1. Mengangkat Derajat

Setiap muslim yang mengamalkan shalat tahajud, maka drajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Sebagaimana Allah berfirman, "Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra:79).

2. Menenteramkan hati dab pikiran

Bagi kita  yang sering mengalami gelisah serta pikiran tidak tenang, sebaiknya melaksanakan shalat tahajud. Pasalnya melakukan shalat tahajud di waktu sepertiga malam dapat menentramkan hati dan pikiran.

Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits, "Apabila ia terbangun dan menyebut nama Allah, terurailah satu simpul. Lalu apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila ia shalat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya." (HR. Muttafaqun'alaih).

3. Do'a di kabulkan oleh Allah swt

Melaksanakan shalat tahajud di sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Di tengah keheningan malam, membuat setiap muslim lebih khusyuk dalam berdoa. Sehingga diyakini doa akan mudah dikabulkan.


Rasulullah dalam sebuah hadits bersabda, "Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim no. 757).

4. Jembatan masuk surga

Shalat malam merupakan sebaik-baiknya shalat fardu. Sehingga shalat tahajud diyakini setiap muslim dapat menjadi jembatan masuk surga.

Sebagaimana Rasulullah bersabda, "Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engaku akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).


Dengan demikian marilah kita sama-sama berlomba untuk mendapatkan keridhoan dan juga padahala dari Allah swt dan menjalankan perintahnya semata mata karena Allah swt

"Semoga Bermanfaat😊😊😊"

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegiatan KKL tgl 15 sampai 20 juli 2020

Moderasi Beragama

Pemberdayaan ekonomi Ummat di era new normal