Relasi agama dan Kesehatan (Sains)dengan tepat

Assalamu'alaikum wrb๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
Kegiatan hari Senin, 08 agustus 2020

Nama : Indah Junaimah Sari (1740200026)
Prodi : Ekonomi Syariah
DPL   : Delima Sari Lubis,M.A

"Niat Puasa Senin dan Kamis Beserta  Manfaatnya"

Saat ingin menjalan puasa Senin Kamis, maka hal yang pertama dilakukan adalah membaca niat

1. Niat Puasa Hari Senin

ู†َูˆَูŠْุชُ ุตَูˆْู…َ ูŠَูˆْู…َ ุงْู„ุงِุซْู†َูŠْู†ِ ุณُู†َّุฉً ِู„ู„ู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

Artinya, "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala."

2.Niat Puasa Hari Kamis

ู†َูˆَูŠْุชُ ุตَูˆْู…َ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุฎَู…ِูŠْุณِ ุณُู†َّุฉً ِู„ู„ู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

Artinya, "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala."

Berikut ini Manfaat Dari Puasa Senin Kamis

Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat seseorang menjalankannya, selain bernilai ibadah setelah niat puasa Senin Kamis, yaitu sebagai berikut :

A.Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa dapat menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa saat berpuasa, maka memungkinkan tubuh membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada hanya diet biasa.

B.Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Puasa terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, memungkinkan untuk menoleransi karbohidrat (gula) lebih baik daripada tidak berpuasa dan juga efektif dalam memerintahkan sel untuk mengambil glukosa dari darah. 

C. Mempercepat Metabolisme

Puasa memberi istirahat pada sistem pencernaan di tubuh, dan ini dapat memberi energi metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien. Jika pencernaan buruk, ini dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak. 

D.Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa telah terbukti meningkatkan fungsi otak karena meningkatkan produksi protein BDNF mengaktifkan sel batang otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu banyak bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel-sel otak dari perubahan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

E. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan membuat sel-sel kanker kelaparan. 

Di alam, ketika hewan sakit mereka berhenti makan dan sebaliknya fokus pada istirahat. Ini adalah insting utama untuk mengurangi stres pada sistem internal mereka sehingga tubuh mereka dapat melawan infeksi. Manusia adalah satu-satunya spesies yang mencari makanan ketika kita sakit, bahkan ketika dia tidak membutuhkannya.

F. Berkontribusi Pada Pencerahan Diri

Berpuasa telah membantu banyak orang merasa lebih terhubung dengan kehidupan selama latihan membaca, meditasi, yoga, dan seni bela diri dll.

Tanpa makanan dalam sistem pencernaan, ini membuat ruang untuk lebih banyak energi dalam tubuh, pencernaan adalah salah satu penyerap energi yang paling banyak sistem dalam tubuh.

Berpuasa untuk pencerahan diri memungkinkan seseorang untuk merasa lebih baik, baik secara sadar maupun fisik. Dengan tubuh yang lebih ringan dan pikiran yang lebih jernih, kita menjadi lebih sadar dan bersyukur atas hal-hal di sekitar kita.


"Semoga Bermanfaat๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegiatan KKL tgl 15 sampai 20 juli 2020

Moderasi Beragama

Pemberdayaan ekonomi Ummat di era new normal